Sunday, March 10, 2013

pengertian NET BEUI (NetBIOS Extended User Interface)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

pengertian NET BEUI (NetBIOS Extended User Interface)

NetBEUI adalah sebuah protokol jaringan, singkatan dari NetBIOS Extended User Interface, yang merupakan versi perpanjangan dari NetBIOS. Sedangkan NetBIOS adalah singkat dari Network Basic Input/Output System yang merupakan sebuah program yang membolehkan aplikasi pada komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi di dalam jaringan lokal area (LAN). NetBEUI di kembangkan oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corportation pada tahun 1985 yang digunakan oleh jaringan lokal dan terdiri atas 200 stasiun kerja.

NetBEUI merupakan protocol utama yang digunakan dalam LAN Mangaer dan Windows for Workgroups. Komunikasi yang didukung adalah dengan cara connection-oriented, juga mengiimplementasikan fitur flow control dan pendeteksian kesalahan. NetBEUI juga mendefinisikan mekanisme pembuatan frame pada lapisan transport dan juga mengimplementasikan protocol Logical Link Control 2 dalam model referensi tujuh lapis OSI. Dalam suatu jaringan LAN, NetBEUI merupakan pilihan yang terbaik. Karena, seperti NetBIOS, NetBEUI tidak mendukung routing dari pesan ke jaringan lain, maka antarmuka harus disesuaikan dengan protocol lain sperperti Internetwork Packet Exchange (IPX) atau TCP/IP. IPX digunakan untuk internetwork routing. Metode yang disarankan adalah menginstal baik NetBEUI dan TCP/IP di setiap computer dan set up server untuk menggunakan NetBEUI untuk komunkasi dalam LAN dan TCP/IP untuk komunkasi diluar LAN.

Implementasi NetBEUI dalam system operasi Windows NT disebut dengan NetBEUI Frame Protocol. NetBEUI Frame Protocol adalah implementasi lebih lanjut dari Protokol Jaringan NetBEUI yang hanya tersedia dalam system operasi Windows NT. Dimana perbaikan dan fitur-fitur yang ada pada protocol ini adalah mendukung spesifikasi NDIS (Network Driver Interface Specification) versi 3 untuk komunikasi lapis transport 32-bit secara asinkron dengan menggunakan lapisan TDI (Transport Driver Interface) sebagai emulator NetBIOS. Peningkatan kerja dengan alokasi memori secara dinamis. Dukungan klien dengan koneksi dial-up Remote Access Service (RAS). Limitasi menjadi 1000 sesi NetBEUI.

3 comments:

  1. Follow sukses, Folback ditunggu gan
    http://sekitarkita96.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. bagus ekali infonya sobat cerdas jagan lupa komen balik di

    http://solusicerdasmenujusehat.blogspot.com/ ane tunggu ya

    ReplyDelete

    Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube flickr