Friday, January 18, 2013

mengatasi bluescreen pada laptop

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
agang tau nggak bluescreen......?
bluescreen di sebut juga Bluescreen Of Death (BSOD) adalah istilah yang dikenal luas untuk layar yang ditampilkan sistem operasi windows ketika mengalami kesalahan sistem (atau disebut stop error oleh windows). Beberapa hal yang menyebabkan munculnya BSOD ini, diantaranya driver suatu hardware yang tidak bagus, kesalahan penulisan memori RAM, system crash pada registry windows atau penggunaan file Dll yang tidak cocok.

setelah mengetahui apa itu bluescreen agang akan sya beritahu bagaimana cara mengatasi bluescreen jika agan2 bertemu dengan masalah ini

berikut cara mengatasi bluescreen....!!!
Pertama, pastikan terlebih dahulu menu safe mode anda tidak mengalami crash (hal ini jika driver Terbaru dari hardware yang ada tidak turut di-load oleh windows). Untuk berada pada safe mode, pada saat booting awal tekan F5 terus menerus, lalu pilih safe mode pada option yang tampil, pada awal tampilan, anda akan ditanya apakah perlu untuk mengaktifkan menu system restore, pilih No untuk mengaktifkan system restore. Lakukan restore pada windows anda, caranya : Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore. Pilih restore point yang paling dekat. Jika anda tidak ingin menggunakan system restore pada windows,
Selain cara diatas, cara yang paling tepat adalah dengan meng-disable kan driver hardware anda yang terbaru. Caranya: tekan Windows + Pause Break secara bersamaan untuk menampilkan system properties windows anda, pilih tab hardware, pilih device manager untuk menampilkan device manager. Non aktifkan driver hardware yang anda pasang sebelum terjadinya Bluescreen. Atau lakukan rollback driver untuk mengembalikan ke driver sebelumnya.

Pada beberapa kasus bluescreen atau BSOD, kita sama sekali tidak dapat menggunakan laptop. Untuk mengatasi hal tersebut dibutuhkan sebuah Software seperti Acronis True Image (bisa di download gratis di internet) atau Software back-up sejenis. Untuk itu pastikan sebelumnya anda telah memback-up system anda terlebih dahulu. Buatlah bootable media CD pada PC atau laptop teman anda, lalu lakukan booting dengan CD tersebut. Kemudian lakukan restore backup system anda tersebut.

Selain karena kesalahan driver, Bluescreen juga dapat disebabkan oleh virus/trojan yang menyamar menjadi file services pada system, diantaranya smss.exe, winlogon.exe, Isass.exe dan services.exe. Untuk mengatasinya cobalah untuk melacak virus/trojan tersebut dengan program antivirus portable, jalankan program antivirus tersebut, namun kali ini bukan dari sebuah removable storage seperti harddisk atau flashdisk. Lakukan scan virus tersebut melalui unremovable storage seperti CD atau DVD. Ini mengapa anda membutuhkan antivirus portable sehingga anda tidak perlu untuk melakukan proses penginstalan terlebih dahulu ke sistem anda yang mungkin telah terserang oleh virus/trojan terlebih dahulu.


nah setelah agan2 tahu cara mengatasi bluescreen silahkan like halalman ini yah...!!!!
good luck
»»  READMORE...

kerusakan yang sering terjadi pada laptop

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu 
ane memosting hal baru lagi nih gang moga bermanfaat yah..
siapa tau kalian pusing dengan apa yang agan2 liat di laptop kalian dan jika ingin tau kerusakan apa yang terjadi di laptop kalian maka bacalah postingan ane kali ini.
Ciri Kerusakan Memory Laptop / Notebook :
Pada saat dihidupkan tidak tampak tampilan sama sekali, blue screen pada saat mulai loading Operating System. Bisa juga keluar suara beep berulang-ulang.

Ciri Kerusakan Motherboard / IC regulator Laptop / Notebook :
Dihidupkan agak sulit, batere tidak mau discharge, Mati Total. Indikator charger nyala, setelah dicarge lampu indikator pada charger mati (konslet). Jadi terjadi arus balik pada powernya. Kerusakan ini sering terjadi. 

Ciri Kerusakan LCD Laptop / Notebook :
Layar tidak tampil gambar, menyala tapi keluar garis-garis vertikal, tampak blok hitam, dan gambar tidak simetris / acak.
Solusi : coba cek dulu konektor ataupun soket-soket yg berhubungan dengan monitor

Ciri Kerusakan Keyboard Laptop / Notebook :
Beberapa tuts tidak berfungsi, keluar bunyi beep panjang pada saat laptop dinyalakan, cursor berjalan tidak stabil / bergerak sendiri.
Kerusakan yang lebih parah : biasanya konslet dan ini menyebabkan Laptop / Notebook setelah booting, restart-restart terus.  

Ciri Kerusakan Charger Laptop / Notebook :
Batere tidak mau di charge, tidak ada indikator masuk power, laptop di charge posisi hidup malah kemudian mati. Layar bergetar tidak stabil. 

Ciri Kerusakan DVD / CD room Laptop / Notebook :
Tidak mau membaca CD, indikator CD off. 

Ciri Kerusakan Hardisk Laptop / Notebook :
Loading data / System lambat, berbunyi tidak normal, tidak bisa masuk windows, belum sampai login windows sudah restart sendiri. 

Ciri Kerusakan Chipset / VGA Laptop / Notebook :
Layar tidak tampil, Layar Putih, garis garis warna tidak beraturan. 

Penjelasan di atas merupakan ciri-ciri kerusakan yang sering terjadi pada laptop / notebook secara hardware.

Sedangkan ciri-ciri kerusakan laptop / notebook secara software antara lain :
1. Tidak mau booting ke OS
2. Pada Loading awal desktop banyak informasi error
3. Proses Loading sangat Lambat
4. Tidak bisa membuka Aplikasi
5. Flasdisk Tidak bisa di baca
6. Folder Option pada Explorer Tidak bisa di buka
7. File regedit tidak bisa di eksekusi
nah jika kalian mendapatkan masalah di atas tunggu postingan ane selanjutnya untuk membahas kerusakan di atas yah...
jangan lupa like dan di manfaatkan dengan benar
»»  READMORE...

kompatible windows 8

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
agan2 yang tebaik di dunia blog betapa hebatnya sang pencipta yang memberi kita akal yang tak bisa di jangkau hebatnya. keluar biasaan yang tak bisa mengalahkan apa pun dapat memberi smua shabat blogger menjadi orang yang hebat. dalam postingan ane kali ini ane membahas tentang windows 8 yang konon banyak aplikasi yang tidak cocok dengan sistem operasi yang di terbitkan oleh microsoft kali ini dengan windows nya yang terkenal itu. windows 8 sdah banyak ditemukan di setiap laptop sekarang. katanya sih tampilannya agak keren. di balik kekerenannya banyak kekurangannya termasuk aplikasi yang tidak kompatible. basa-basi nya udah cukup dulu yah langsung ke pokok pembahasan.

cara kompatible kan aplikasi pada windows 8
- pada aplikasi yang ingin di instal misal aplikasi photosop di samping ini
- sebelum menginstal klik kanan pada set up
- kemudian pilih properties
- dan pada jendela baru yang muncul pilih menu compability
- centang run this program in compabilyti mode for dan centang juga run us administor
- kemudian klik apply atau ok
- lalu jalankan program yang ingin di instal 


mudah2an agan2 mengerti dengan penjelasan sya...
jangan lupa di like yah
»»  READMORE...