Saturday, January 19, 2013

mengatasi laptop tidak mau booting

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
banyak hal yang telah ane posting, mudah2an yang ane posting bisa membantu agan2 yang bergelut di dunia komputer atau pun di dunia ini. dalam postingan ane kali ini, ane ingin membahas tentang booting pada laptop. tekadang ada laptop  yang tidak ingin booting ke sistem opersai yang ada di gunakan. dengan ilmu yang saya miliki saya akan memberikan informasi yang bisa membimbing kita untk mengatasi hal ini. 

pada saat agan2 booting ke os pertama yang kalian lakukan yaitu memperhatikan waktu pertama kali laptop dinyalakan, apakah ada tulisan yang tampil di layar? Untuk problem booting biasanya akan tampak tulisan kurang lebihnya seperti ini : boot OS Failure, Operation System not found atau ada tulisan yang tampil tapi gak bisa kebaca saking cepatnya dan laptop langsung restart lagi. Namun jika tidak ada tulisan yang tampak di layar sama sekali ada beberapa yang perlu anda analisa yaitu:

1. Perhatikan bagian cpu laptop, apakah waktu pertama kali tombol ON di tekan cpu beroperasi? Biasanya jika cpu beroperasi akan terdengan suara berisik kipas pendingin. Jika cpu tidak beroperasi cek bagian batery laptop apakah sudah terpasang dengan benar, ambil charger lalu hubungkan ke sumber listrik kalau-kalau daya laptop habis yang menyebabkan cpu tidak bisa beroperasi. Namun jika anda yakin cpu beroperasi namun layar masih tetap blank, permasalahannya mungkin di LCD. Untuk petolongan pertamanya buka laptop, cari kabel fleksibel yang menghubungkan dari cpu ke LCD lalu cabut, semprot menggunakan Contact Cleaner (banyak dijumpai di toko elektronik harganya sekitar 20 ribuan) pasang lagi, test.
2. Jika permasalahannya Boot Failure, langkah pertama masuk ke BIOS periksa keberadaan hardisk apakah masih terdetek atau tidak, jika terdetek posisikan ke First Boot Device, jika hardisk tidak terdetek bukalah casing laptop pastikan hardisk tertancap dengan benar, lalu test ulang.
3. Jika kondisi cpu masih beroperasi namun langkah ke satu sudah dicoba dan hasilnya nihil sementara pakai cara yang kedua untuk masuk bios saja tidak bisa, coba periksa keberadaan RAM laptop anda. Cara paling praktis adalah dengan mencabutnya lalu memasangkannya kembali.

mungkin apa yang saya berikan bermanfaat bagi agan2 di dunia blog...
setelah mengetahuinya di like yah halaman ini.
god luck
»»  READMORE...