Wednesday, March 20, 2013

Fitur Yang Dimiliki IPv6

IPv6 - memiliki beberpa fitur yang mampu mengantisispasi perkembangan aplikasi masa depan dan mengatasi kekurangan yang dimiliki pendahulunya, yaitu IPv4.fitur-fitur tersebut adalah:


  • jumlah IP address yang sangat banyak

 IPv6 terdiri dari 128 bit, dengan jumlah IP address yang dapat dipakai mencapai 3.4 x 10^38. Jumlah ini sangatlah besar sehingga apabila nantinya setiap penduduk dunia (7 milyar) memiliki 10 milyar IP address, dan manusia sudah menjadikan mars sebagai planet tempat tinggal kedua setelah Bumi. Maka IP address ini masih dapat dipakai oleh seluruh penduduk Mars (asumsi jumlahnya sama-sama 7 milyar, dan masing-masing memiliki 10 Milyar), maka alokasi IP address bagi pendiuduk Bumi dan Mars ini baru mencakup 1 persen dari alokasi alamat IPv6 yang ada! Alokasi IP address yang sangat banyak ini berguna untuk memberikan IP address kepada hampir semua perankat yang ada di sekitar kita, mulai dari mobil, lemari es, jam tangan, pintu, jendela, bahkan pada celana.
  • Autoconfiguration

IPv6 dirancang agar penggunanya tidak di pusingkan dengan konfigurasi IP address. Komputer pengguna yang terhubung dengan jaringan IPv6 akan mendapatkan IPaddress langsung daari router sehingga nantinya DHCP server tidak di perlukan lagi. Autoconfiguration nantinya akan sangat berguna bagi peralatan mobile internet karena pengguna tidak di repotkan dengan konfigurasi sewaktu ia berpindah tempat dan jaringan.
  • Security

 IPv6 telah di lengkapi dengan protokol IPSec, sehingga semua aplikasi telah memiliki sekuriti yang optimal bagi berbagai aplikasi yang membutuhkan keamanan, misalnya transaksi e-commerce.
  • Quality of service

 IPv6 memiliki protokol memiliki protokol QoS yang terintegrasi dengan baik sehingga semua aplikasi yang berjalan di atas IPv6 memiliki jaminan QoS, terutama bagi aplikasi yang sensitif terhadap delay, seperti VoIP dan streaming video.
»»  READMORE...