Sunday, March 10, 2013

pengertian SQL (Structure Query Language)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

pengertian SQL (Structure Query Language)..!!

Structured Query Language (SQL) merupakan bahasa standar yang digunakan untuk memanipulasi basis data relasional. SQL dapat dikelompokkan sebagai bahasa yang bukan terstruktur karena pengguna tidak disuruh untuk merangkai kode program. Malahan pengguna tinggal menggunakan perintah yang sudah didefenisikan untuk menarik informasi dari suatu basis data relasional. SQL digunakan untuk memanipulasi basis data relasional.


»»  READMORE...

pengertian NET BEUI (NetBIOS Extended User Interface)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

pengertian NET BEUI (NetBIOS Extended User Interface)

NetBEUI adalah sebuah protokol jaringan, singkatan dari NetBIOS Extended User Interface, yang merupakan versi perpanjangan dari NetBIOS. Sedangkan NetBIOS adalah singkat dari Network Basic Input/Output System yang merupakan sebuah program yang membolehkan aplikasi pada komputer yang berbeda untuk saling berkomunikasi di dalam jaringan lokal area (LAN). NetBEUI di kembangkan oleh International Business Machine Corporation (IBM) dan Microsoft Corportation pada tahun 1985 yang digunakan oleh jaringan lokal dan terdiri atas 200 stasiun kerja.

NetBEUI merupakan protocol utama yang digunakan dalam LAN Mangaer dan Windows for Workgroups. Komunikasi yang didukung adalah dengan cara connection-oriented, juga mengiimplementasikan fitur flow control dan pendeteksian kesalahan. NetBEUI juga mendefinisikan mekanisme pembuatan frame pada lapisan transport dan juga mengimplementasikan protocol Logical Link Control 2 dalam model referensi tujuh lapis OSI. Dalam suatu jaringan LAN, NetBEUI merupakan pilihan yang terbaik. Karena, seperti NetBIOS, NetBEUI tidak mendukung routing dari pesan ke jaringan lain, maka antarmuka harus disesuaikan dengan protocol lain sperperti Internetwork Packet Exchange (IPX) atau TCP/IP. IPX digunakan untuk internetwork routing. Metode yang disarankan adalah menginstal baik NetBEUI dan TCP/IP di setiap computer dan set up server untuk menggunakan NetBEUI untuk komunkasi dalam LAN dan TCP/IP untuk komunkasi diluar LAN.

Implementasi NetBEUI dalam system operasi Windows NT disebut dengan NetBEUI Frame Protocol. NetBEUI Frame Protocol adalah implementasi lebih lanjut dari Protokol Jaringan NetBEUI yang hanya tersedia dalam system operasi Windows NT. Dimana perbaikan dan fitur-fitur yang ada pada protocol ini adalah mendukung spesifikasi NDIS (Network Driver Interface Specification) versi 3 untuk komunikasi lapis transport 32-bit secara asinkron dengan menggunakan lapisan TDI (Transport Driver Interface) sebagai emulator NetBIOS. Peningkatan kerja dengan alokasi memori secara dinamis. Dukungan klien dengan koneksi dial-up Remote Access Service (RAS). Limitasi menjadi 1000 sesi NetBEUI.
»»  READMORE...

pengertian SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

pengertian SMTP (Simple Mail Tranfer Protocol)..!!

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima. Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

SMTP bisa dianalogikan sebagai kantor pos. Ketika kita mengirim sebuah e-mail, komputer kita akan mengarahkan e-mail tersebut ke sebuah SMTP server, untuk diteruskan ke mail-server tujuan. Mail-server tujuan ini bisa dianalogikan sebagai kotak pos di pagar depan rumah, atau kotak PO BOX di kantor pos. Email-email yang terkirim akan menempati di tempat tersebut hingga si pemiliknya mengambilnya. Urusan pengambilan e-mail tersebut tergantung kapan di penerima memeriksa account e-mailnya.

SMTP adalah protokol yang cukup sederhana, berbasis teks dimana protokol ini menyebutkan satu atau lebih penerima email untuk kemudian diverifikasi. Jika penerima email valid, maka email akan segera dikirim. SMTP menggunakan port 25 dan dapat dihubungi melalui program telnet. Agar dapat menggunakan SMTP server lewat nama domain, maka record DNS (Domain Name Server) pada bagian MX (Mail Exchange) digunakan.

Sendmail adalah Mail Transfer Agent pertama yang mengimplementasikan port 25. Kemudian, pada tahun 2001, ada sedikitnya 50 program Mail Transfer Agent yang mengimplementasikan SMTP baik sebagai client maupun sebagai server. Contoh Mail Transfer Agent yang populer adalah: Exim (ditulis oleh Philip Hazel), IBM Postfix, Qmail (ditulis oleh D.J Bernstain), dan Microsoft Exchange Server.

Karena protokol SMTP berawal dari protokol yang benar-benar berbasis teks ASCII, maka SMTP tidak bekerja terlalu baik dalam mengirimkan file-file binary. Standar untuk meng-encode file-file biner agar dapat dikirimkan lewat SMTP dikembangkan dan menelurkan standar-standar seperti MIME (Multipurposes Internet Mail Extensions). Saat ini, hampir semua SMTP server mendukung 8BITMIME, yang dapat mengirimkan file-file biner semudah mengirimkan file teks.

SMTP hanya protokol yang melakukan “push”, artinya dia hanya bisa mengambil email dari client tetapi tidak bisa melakukan “pull”, yaitu melayani pengambilan email di server oleh client. Pengambilan pesan atau email tersebut dilakukan dengan menggunakan protokol tersendiri yaitu protokop POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP (Internet Message Access Protocol).
»»  READMORE...

struktur FTP (File Transfer Protokol)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

struktur FTP (File Transfer Protokol)..!!

Dengan begitu tersedianya beragam informasi di Internet, seringkali pengguna ingin mengcopy file tersebut. Sebagai contoh, bila ditemukan file atau program yang menarik dan berhubungan dengan masalah yang dihadapi, untuk itu biasanya dilakukan modifikasi pada program tersebut sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tidak mungkin dilakukan modifikasi file tersebut pada remote login, yang dilakukan adalah file tersebut dicopy ke mesin local dan kemudian baru dimodifikasi. Fasilitas untuk melakukan ini adalah dengan menggunakn FTP.

Proses FTP menggunakan ftp sebagai client, dan ftpd sebagai server. Tetapi berbeda dengan koneksi telnet, ada 2 jenis koneksi yang terjadi. Sesuai dengan namanya, tugas protocol ftp ini adalah mentransfer file dari computer satu ke komputer lainnya. Ini tidak tergantung dari lokasi komputer itu berada, bagaimana cara koneksinya, atau bahkan sistem operasinya. Selama komputer tersebut mempunyai akses ke Internet , berarti fasilitas ftp bisa digunakan. Dengan kata lain selama sistem komputer tersebut memiliki protocol TCP/IP, maka fasilitas ftp dapat digunakan. Seperti juga telnet, ftp juga mempunyai akses berbagai macam database dan service. Dapat ditemukan berbagai macam dari file artikel hinggai software dengan cuma-cuma. Bagi seorang peneliti maka fasilitas ftp sangat membantu dalam membantu kerja dan ada yang menganggap bahwa ftp merupakan suatu sarana umum untuk saling membagi data.

FTP adalah program yang complex karena ada beberapa cara untuk memanipulasi file dan struktur file. Beberapa format untuk menyimpan (binary atau ASCII, compress atau uncompress, dll) dan ada beberapa cara tambahan untuk mendapatkannya secara benar. Akan dibahas juga sekilas tentang FTP anonymous. Hampir semua public archives mempunyai fasilitas ini.
»»  READMORE...

pengertian FTP (File Transfer Protokol)

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu 
pengertian FTP (File Transfer Protokol)...!!!!!

FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP, sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus transfer antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses dengan menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut. FTP menggunakan protokol Transmission Control Protocol (TCP) untuk komunikasi data antara klien dan server, sehingga di antara kedua komponen tersebut akan dibuatlah sebuah sesi komunikasi sebelum transfer data dimulai. Sebelum membuat koneksi, port TCP nomor 21 di sisi server akan "mendengarkan" percobaan koneksi dari sebuah klien FTP dan kemudian akan digunakan sebagai port pengatur (control port) untuk (1) membuat sebuah koneksi antara klien dan server, (2) untuk mengizinkan klien untuk mengirimkan sebuah perintah FTP kepada server dan juga (3) mengembalikan respons server ke perintah tersebut. Sekali koneksi kontrol telah dibuat, maka server akan mulai membuka port TCP nomor 20 untuk membentuk sebuah koneksi baru dengan klien untuk mentransfer data aktual yang sedang dipertukarkan saat melakukan pengunduhan dan penggugahan.

FTP hanya menggunakan metode autentikasi standar, yakni menggunakan username dan password yang dikirim dalam bentuk tidak terenkripsi. Pengguna terdaftar dapat menggunakan username dan password-nya untuk mengakses, men-download, dan meng-upload berkas-berkas yang ia kehendaki. Umumnya, para pengguna terdaftar memiliki akses penuh terhadap beberapa direktori, sehingga mereka dapat membuat berkas, membuat direktori, dan bahkan menghapus berkas. Pengguna yang belum terdaftar dapat juga menggunakan metode anonymous login, yakni dengan menggunakan nama pengguna anonymous dan password yang diisi dengan menggunakan alamat e-mail.
»»  READMORE...