Thursday, January 17, 2013

cara megatasi adaptor laptop yang berkedip

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu
dalam postingan ane kali ini saya akan memberikan saran jika    agang yang mempunyai adaptor yang rusa/berkedip. sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya jika kita mengetahui adaptor itu sendiri. jadi adaptor itu adalah trafo bertujuan men step up atau step down arus, listrik trafo yg masuk misalnya 220 v disaring step down ke 12 volt itu masih arus AC, mau mengubah menjadi DC harus lewat beberapa komponen , misal Dioda dan condensor. dioda bertujuan untuk menyearahkan arus listrik dari ac menjadi dc, sedangkan condensor/ elco bertujuan untuk menstabilkan arus yg keluar menjadi arus tenang.
jadi kesimpulan adaptor ada yg keluar AC ada yg keluar DC. kebanyakan di pasaran memang adaptor DC.
disebut adaptor karena mempunyai komponen penyaring yg mengubah arus jadi DC maupun AC.
disebut trafo karena tidak mempunyai komponen apapun, bekerja sendiri, output murni dari trafo sendiri.
jadi udah tau kan apa ituadaptor jadi kita bahas lebih jauh lagi.
Jika adaptor laptop  yang berkedip ini tetap digunakan, hal ini akan sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan :
  • Baterai anda bisa mati
  • Salah satu komponen pada mainboard atau adaptor terbakar menyebabkan laptop mati total.
Lampu adaptor laptop yang berkedip menandakan adanya konslet atau arus pendek pada mainboard atau pada adaptor.
tanpa basa-basi ara mengatasi masalah ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut.
Cara mengatasi adaptor laptop berkedip  adalah sebagai berikut:
  • Coba laptop dengan adaaptor lain yang satu merk. Bisa pinjam ke teman anda. Jika sewaktu di coba adaptor tersebut masih berkedip atau tidak menyala sama sekali, atau lampu indikator di laptop yang biasanya biru menjadi warna lain. Maka dapat dipastikan ada yang konslet pada laptop anda.
  • Kemudian coba adaptor laptop anda pada laptop lain sama atau yang kompatibel (satu merek, lihat voltase dan amperenya). Jika adaptor masih berkedip, maka adaptor andalah sepertinya yang bermasalah.
  • Gunakan multitester untuk mengukur apakah arus dan voltase adaptor laptop masih normal yaitu sesuai dengan voltase dan arus yang tertera di label adaptor laptopnya. Hal inilah yang biasa dilakukan oleh teknisi laptop untuk mengetahui apakah adaptor atau mainboard laptopnya yang rusak.
Apa yang bisa anda lakukan jika menemui kasus adaptor laptop berkedip ini?
  • Jika laptop atau adaptor anda masih garansi, segera bawa ke service center terdekat.
  • Jika laptop atau adaptor anda sudah tidak dalam masa garansi, coba di service di tempat terpercaya anda.
  • Atau jika hanya adaptor laptop anda yang rusak, bukan mainboard laptopnya, anda bisa langsung membeli adaptor laptop yang baru.
Apa resikonya jika adaptor laptop berkedip itu di perbaiki?
Pada intinya, adaptor laptop berkedip itu  bisa diperbaiki, akan tetapi sangat tidak kami rekomendasikan. Adaptor hasil reparasi sangat beresiko. Jika adaptor hasil service ini rusak lagi, maka mainboard laptop anda menjadi taruhannya. Jadi saran kami ganti dengan adaptor laptop asli atau kalau mau yang lebih murah cari yang KW1 yang beredar di pasaran, atau anda bisa membeli adaptor 2nd yang masih bisa digunakan dan belum pernah diservice.
Apakah masih bisa diperbaiki jika yang rusak mainboard laptopnya?
Sebelum memastikan apakah yang rusak itu mainboard laptopnya, anda perlu melakukan test terhadap DC boardnya atau port adaptor di mainboard laptop anda. Biasanya yang sering dialami, jika bukan adaptor laptopnya yang rusak, kemungkinan terjadi salah satu kerusakan di bawah ini :
  • DC Konektor boardnya atau port adaptor pada mainboard laptop anda mengalami retak di solderannya akibat sering di pasang dan dicabut dengan tidak hati-hati.
  • Jalur mainboard memang ada yang konslet. Jika mainboardnya sampai terbakar, maka prosentase keberhasilan perbaikan akan sangat tergantung kepada tingkat kerusakan, ketersediaan sparepart, dan kehandalan teknisi yang mengerjakan.

No comments:

Post a Comment