Wednesday, March 13, 2013

Tujuan/Manfaat jaringan komputer

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

manfaat jaringan komputer bagi user dapat di kelompokan menjadi dua, yaitu kebutuhan perusahaan dan jairngan untuk uumum.

Tujuan utama dari terbangunnya sebuah jaringan pada suatu perusahaan adalah:

Resource sharing - yang bertujuan agar seluruh progra, peralatan,khususnya data, bisa di gunakan oleh setiap orang yang ada pada jairngan tanpa tepengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
High reliability ( keandalan tinggi) - yang di peroleh karena tersedianya sumber daya alternatif. Misalnya, semua file dapat di salin (back up) ke semua mesin sehingga bila salah satu mesin mati, maka file tetap dapat di akses dari mesin yang masih aktif. Selain itu dengan adanya CPu yang banyak maka bila salah satu CPU tidak di pakai, maka CPU lain akan mengambil alih tugasnya, walalupun kinerjanya jadi menurun. Kemampuan melanjutkan pekerjaan saat mendapatkan masalah pada perangkat keras adalah suatu hal yang sangat penting.
Saving Money (menghemat uang) - Komputer berukuran kecil mempunyai rasio harga/kinerja yang lebih baik dibanding dengan kompter yang besar. Komputer mainframe kira-kira memiliki kecepatan 10x lipat kecepatan komputer pribadi, akan tetapi harga mainframe 10x lipat mahal.

ketidak seimbangan rasio harga/kinerja ini menyebabkan para perancang sistemm merasa sistem lebih baik membangun sistem yang terdiri dari komputer-komputer kecil (PC).

Manfaat jaringan komputer untuk umum:

jaringankomputer akan memberikan layanan yang berbeda kepada perorangan di rumah-rumah di bandingkan denga laynan yang di berikan perusahaan. Terdapat tiga hal pokok yang menjadi daya tarik jaringan komputer pada perorangan yaitu:
  1. Acces ke informasi yang berada di tempat lain (sepeti akses berita  hari ini, info e-goverment, e-commerce atau e-business), semuanya uptodate,
  2. komunikasi orang ke orang (person to person seperti e-mail, chating, video conferen dll)
  3. Hiburan interaktif (seperti nonton acara tv online, radio streaming, download film atau lagu dll).
 refensi penerbit andi (pengantar jaringan komputer)

No comments:

Post a Comment

    Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube flickr