Thursday, March 14, 2013

jenis-jenis jaringan

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

secara umum jaringan komputer terbagi menjadi 3 jenis, yaitu;

Local Area Network-sebuah LAN adalah jaringan yang di batasi oleh area yang relatif kecil,umumnya di batasi oleh area lingkungan, seperti sebuah kantor pada sebuah gedung, atau tiap-tiap ruangan pada sebuah sekolah. biasanya jarak antarnode tidak lebih dati sekitar 200m.

Metropolitan Area Network (MAN)-sebuah MAN biasanya meliputi area yang lebih besar dari LAN, mislanya antar gedung dalam suatu daerah (wilayah seperti provinsi atau negara bagian). dalam hal ini jaringan menghubungkan beberapa buah jaringan kecil kedalam lingkungan area yang lebih besar. sebagai contoh, jaringan beberapa kantor cabang sebuah bank di dalam sebuah kota besar yang dihubungkan antara satu dengan yang lainnya.

Wide Area Network-wide area network (WAN) adalah jaringan yang biasanya sudah menggunakan media wireleess, sarana satelit, ataupun kabel serat optpic, karena jangkauannya yang lebih luas, bukan hanya meliputi satu kota atau antarkota dalam suatu wilayah, tetapi mulai menjangkau area/wilayah otoritas negara lain.

sebagai contoh, jaringan komputer city bank yang ada di indonesia ataupun yang ada di negara lain, yang saling berhubungan, jaringan ATM master Card, Visa Card atau Cirrus yang tersebar di seluruh dunia, dan lain-lain.
biasanya WAN lebih rumit dan sangat kompleks bila di bandingkan :AN dan MAN, menggunakan banyak sarana untuk menghubungkan antara LAn dan WAN ke dalam komunikasi global seperti internet, meski demikian antara LAN,MAN dan WAN tidak banyak berbeda dalam beberapa hal. Hanya lingkup areanya saja saja yang berbeda satu sama lain.

6 comments:

  1. Nice Info...
    Ditunggu komenbacknya gan http://adhi-lasoma.blogspot.com/2013/03/cara-pasang-permalink-di-blog.html

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. iya gan sering2 saja berkunjung ke blog saya

      Delete
  3. nice info ny Sob

    mampir ke
    http://zona-dikhy.blogspot.com

    ReplyDelete

    Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube flickr