Sunday, March 17, 2013

Masalah Sosial Yang Ditimbulkan jaringan Komputer

assalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

penggunaan jaringan oleh masyarakat luas akan menyebabkan timbulnya masalah-masalah sosial, etika, maupun ekonomi yang terelakan. Internet telah masuk ke segala penjuru kehidupan masyarakat. Semau orang dapat memanfaatkannya tanpa memandang statul sosial, usia, dan juga jenis kelamin.

penggunaan internet tidak akan menimbulkan masalah selama subjeknya terbatas padatopik-topik teknis, pendidikan atau hobi, juga hal-hal yang masih dalam batas norma-norma kehidupan, tetapi kesulitan mulai muncul bila suatu situs di internet mempunyai topik yang sangat menarik perhatina orang, seperi pertentangan ppolitik, agama, sex, dll.

koneksi jaringan komputer/internet ini juga akan menimbulkan masalah ekonomi yang serius bila teknologinya dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu yang ingin mengambil keuntungan pribadi namun merugikan pihak lain, misalnya kegiatan carding, download software komersial secara ilegal, dll.

Gambar-gambar yang di pasang di situs-situs internet mungkin merupakan sesuatu yang biasa bagi sebagian orang, namun sangat mengganggu bagi sebagian orang lain (karena bisa menimbulkan masalah SARA).

Selain itu, bentuk pesan-pesan tidaklah terbatas hanya pesan tekstual saja. Foto berwarna dengan rresolusi tinggi dan bahkan video clip singkat pun sekarang sudah dapat dengan mudah di sebar luaskan melalui jaringan komputer.

sebagian orang dapat bersikap acuh tak acuh, tapi sebagian lainnya pemasangan materi tertentu (misalnya pornografi) merupakan sesuatu yang tidak dapat di terima.

lihat artikel saya lainnya yah

1 comment:

    Twitter Facebook Feedburner Google +1 youtube flickr