Friday, April 5, 2013

contoh kelas sederhana dalam java

Disini kita akan membuat kelas kotak. Untuk saat ini kita belum perlu menambahkan method ke dalam kelas tersebut.

class kotak {
   double panjang;
   double lebar;
   double tinggi;
}

Melalui kode diatas, berarti kita telah mendefinisikan sebuah tipe data baru dengan nama Kotak. Penting untuk diingat bahwa pendefinisian kelas hanya akan membuat sebuah pola atau template, bukan membuat objek. Objek actual dari kelas tersebut harus dibuat sendiri melalui kode barikut :

Kotak k = new Kotak (); // membuat objek dengan nama k

Disini, Kotak adalah kelas dan k  adalah objek atau instance dari kelas Kotak. Melalui objek k, kita dapat mengakses dan memaniulasi data-data yang terdapat pada kelas Kotak, dengan cara menggunakan operator titik (.), seperti yang tampak pada kode dibawah ini.

k.panjang = 4;
k.lebar = 3;
k.tinggi = 2;


Kode tersebut digunakan untuk mengisikan nilai kedalam data panjang, lebar, dan tinggi yang dimiliki oleh objek k masing-masing dengan nilai 4, 3, dan 2. Untuk lebih jelasnya, coba anda perhatikan contoh kode program lengkap berikut  ini yang akan menunjjukkan penggunaan kelas Kotak di atas.

class Kotak {
            double panjang;
            double lebar;
            double tinggi;
}
class DemoKotak1 {
    public static void main (string[]args){
     double volume;
   
    // mengisikan nilai ke dalam data-data kelas Kotak
    k.panjang = 4;
    k.lebar = 3;
    k.tinggi = 2;
   
    // menghitung isi/volume kotak
     volume = k.panjang * k.tinggi * k.lebar;
   
    // menampilkan nilai volume ke layar monitor
     System.out.println(“volume kotak = “ +volume);
   }
}
 

Kode program di atas harus disimpan ke dalam file dengan nama DemoKotak1.java, bukan Kotak.java. Alasannya, method main () terletak pada kelas DemoKotak1. Pada saat kompilasi, program di atas akan menghasilkan dua buah file .class, yaitu: Kotak.class dan DemoKotak1.class. Hal ini terjadi karena didalam java setiap kelas akan disimpan ke dalam file .class sendiri-sendiri. Apabila ingin menjalankan program di atas, maka anda juga harus mengeksekusi file DemoKotak1.class, bukan Kotak.class. berikut hasil yang akan diberikan oleh program.

Penulisan kode program diatas sebenarnya dapat dipecah menjadi dua. Setiap kelas dalam satu file .java.Dengan demikian, dalam kasus diatas kita dapat membuat dua buah file .java, yaitu Kotakjava dan DemoKotak1.java. apabila anda menginginkan cara ini, maka kode program yang harus anda tulis kedalam kedua buah file tersebut sebagai berikut :

Volume Kotak = 24.0

1 comment:

  1. Software Penambah Saldo Rekening, DOWNLOAD disini http://softwarepsr.com/nendra

    ReplyDelete